2 min read

Membaca buku harus menjadi rutinitas setiap hari, sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak pengetahuan. Namun, sebelum membaca buku, Anda harus memilih buku yang memberikan informasi menarik dan menyenangkan.

Contoh Resensi Buku Novel yang Dapat Dijadikan Panduan

Jadi, ketika Anda membaca buku-buku ini, santinorice.com sarankan kepada pembaca lain bisa mendapatkan gagasan tentang isi buku itu. Itu sebabnya ulasan buku sangat penting dan jelas harus jujur. Sebelum membaca ulasan buku contoh, ada baiknya untuk mengetahui poin-poin berikut.

1. Elemen ulasan buku

Ketika Anda duduk di sekolah, Anda pasti akan mendapatkan materi pembelajaran ulasan buku. Nah, pada dasarnya bahan ulasan buku ini tidak digunakan dan diperoleh hanya selama jam sekolah, tetapi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan buku yang menggunakan kegiatan ulasan ini. Untuk mempelajari ulasan buku, Anda perlu memperhatikan elemen-elemen yang dikandungnya. Elemen-elemen yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Isi ulasannya
Ini berisi sinopsis, tinjauan singkat buku dengan kutipan yang cukup, kekuatan dan kelemahan buku, perumusan struktur buku dan penggunaan bahasa. Penting untuk menulis konten secara lengkap dan terperinci.

Kompilasi data
Pada tahap ini termasuk judul buku, penulis, penerbit, tahun penerbitan bersama dengan cetakannya, ukuran buku dan harga buku.

Baca juga: Apakah Anda punya koleksi cerita? Ubah itu menjadi buku! Klik disini

Judul ulasan
Judul resensi harus selaras dengan konten resensi tertulis. Dalam penulisan judul juga harus dibuat semenarik mungkin agar menarik minat membaca.

Ulasan Akhir
Bagian ini biasanya berisi alasan mengapa buku itu ditulis dan ingin ditujukan kepada mereka yang menulis resensi ini

2. Tujuan ulasan buku

Dalam meninjau buku ini, buku ini bermanfaat untuk pembaca lain. Di bawah ini adalah tujuan seseorang yang melakukan tinjauan buku.

Diskusikan dan tinjau lebih lanjut topik atau topik yang diangkat dalam sebuah karya.
Berikan pembaca pemahaman yang mudah tentang karya-karya yang telah direvisi.
Ini dapat membantu pembaca membuat penilaian apakah mereka baik atau tidak jika dibaca.

Untuk menanggapi sesuatu yang telah menjadi pertanyaan bagi pembaca. Karena biasanya pembaca sebelum memutuskan untuk membeli atau membaca buku, pasti ada pertanyaan tentang buku itu. Ulasan buku ini akan membantu pembaca dengan pertanyaan yang telah dipikirkan.

Setelah mengetahui elemen dan tujuan ulasan buku, inilah saatnya mencoba meninjau buku favorit Anda. seperti pada contoh resensi buku berikut.

Contoh resensi buku “Catatan Musim”

Judul Buku: Catatan Musim
Penulis: Tyas Efendi
Penerbit: Gagas Media
Tahun publikasi: 2012
Ketebalan halaman: 270 halaman

Sinopsis buku:

“Aku tidak ingin menganggapnya sebagai cerita yang paling tidak berguna. Anggap saja ini adalah lembar penutup Twilight notes. Dalam bentuk manis seperti dasi yang dilukis di cangkir teh kita”.

Ini adalah kutipan dari Book of Season Notes Tyas Efendi. Buku bergenre romantis ini cocok untuk anak-anak yang memiliki atau ingin tahu apa itu kisah cinta. Buku ini memiliki dua karakter bernama Gema dan Tya. Keduanya memiliki karakter yang berbeda tetapi bisa harmonis. Tya adalah seorang gadis yang suka hujan, sedangkan Echoes adalah sosok laki-laki yang tidak suka hujan. Suatu hari setelah pulang dari sekolah, hujan tidak akan turun dengan deras. Gema yang tidak menyukai hujan memutuskan untuk berlindung sejenak di gubuk tepat di depan gereja. Segera Gema melihat Tya, yang asyik bermain hujan. Hingga akhirnya Tya memutuskan untuk berlindung dengan Gema.

Saat itu, tidak ada percakapan di antara mereka. Hingga beberapa hari akhirnya kota Bogor terus turun hujan, dan akhirnya momen itu terulang kembali. tanpa diduga, Gema bergumam membenci hujan. Saat itulah Tya dikejutkan oleh kata-kata pria itu. Nah, mulai dari mana mereka berbicara untuk pertama kalinya. Karena Tya dan Gema selalu bertemu hanya sebagai teman yang menunggu hujan, dia merasa memiliki perasaan yang berbeda terhadap pria itu.

Hingga suatu hari, ketika sekolah pascasarjana Gema memutuskan untuk pergi ke sekolah di Lille. Tya sengaja mengambil beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya di sana. Keduanya bertemu, tetapi Gema menjaga jarak dari Tya dan mengatakan bahwa Tya menganggapnya hanya seorang teman dan mengatakan pada Tya untuk melupakan perasaannya.

Suatu hari Tya bertemu kembali dengan sosok masa lalunya yang dulu pernah menjadi tetangga dan teman main di rumahnya. Bahkan dapat dikatakan mereka ini bersahabat. Tidak lama setelah bertemu, muncul perasaan di hati Agam, seorang pria yang dahulunya adalah teman main dan tetangga. Demikian cerita singkat kisah Tya, Gema, dan Kak Agam. Anda dapat melanjutkan membaca versi lengkap di buku “Catatan Musim”.

Kelebihan buku :

Memiliki judul yang menarik, bahkan isi tidak dapat ditebak dari sinopsis singkat di belakang buku.
Cerita dalam buku ini, mengandung banyak nilai kehidupan yang bermanfaat.
Memiliki alur cerita yang rapi dan jelas.

Keterangan Buku :

Buku ini bercerita seperti kisah pada dunia nyata. Seakan-akan pembaca dibawa ke arah saat mengalami situasi atau hal yang sama.
Cerita yang ditulis oleh Tyas Efendi ini, bukan seperti mendeskripsikan. Melainkan pembaca diajak untuk berinteraksi dengan tokoh yang berada di dalam novel tersebut.
Itulah contoh resensi buku yang dapat Anda gunakan sebagai acuan ketika hendak menuliskan sebuah ulasan. Anda juga dapat membuat sebuah ulasan dengan cara mendeskripikan dan dijadikan seperti sebuah cerita. Jika contoh resensi buku “Catatan Musim” ini dikemas secara point, agar lebih jelas dan terperinci. Apabila Anda sudah paham mengenai resensi buku, sekarang cobalah untuk mengulas sebuah buku dan tuliskan di blog pribadi. Selamat mencoba!

Sumber : https://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

0