Perbandingan SEO vs Google Ads-Mana Lebih Baik?

1 min read

google-ads

Banyak yang menanyakan kepada saya mana yang lebih baik untuk melakukan promosi website, SEO atau Google Ads?

Pertanyaan ini memang gampang-gampang susah untuk dijawab. Namun disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari kedua masing-masing agar Anda bisa menyimpulkan mana yang lebih baik untuk dijadikan sebagai media untuk promosi bisnis online Anda.

1. Usia Website

Secara umum website yang masih bayi (usia domainnya dibawah 6 bulan) tidak dianjurkan untuk dilakukan SEO secara agresif. Sebetulnya kita sebaiknya mengoptimasi website Anda secara konten (on page).  Akan tetapi hindari untuk melakukan link building secara berlebihan. Terkhususnya untuk kata kunci (keywoard) yang terlalu kompetitif. Karena dengan teknik backlink secara massal apalagi dengan menggunakan teknik hitam (blackhat SEO) dengan link-link yang berbau spam, akan dapat menyebabkan web Anda terkena penalty (sandbox/deindex) oleh Google.

Nah untuk website yang usianya masih baru seperti ini, promosi dengan Google Ads akan lebih tepat. Karena tidak ada pengaruh mengenai usia domain terhadap iklan Google Ads.

2. Posisi Iklan

Posisi Iklan di Google Ads umumnya berada pada bagian atas maupun samping dari halaman Google Search. Sehingga iklan Ads memang umumnya juga lebih mudah terlihat dibandingkan hasil pencarian organik atau dari SEO.

3. Jumlah Target Kata Kunci

Pada umumnya target kata kunci untuk SEO sangatlah terbatas. Biasanya hanya berkisar maksimal 3-5 kata kunci tiap halamannya. Lebih dari itu malah biasanya akan membuat proses optimasi tidak terfokus sehingga hasilnya pun menjadi tidak maksimal. Jadi Anda harus pintar-pintar dalam memilih target kata kunci yang lebih potensial untuk di SEO-kan. Agen SEO yang baik biasanya selalu membantu Anda dalam mencarikan (riset) kata kunci yang potensial bagi kliennya.

Sedangkan dengan Anda menggunakan jasa Google Ads untuk iklan Adwords praktis target kata kunci tidaklah terbatas. Anda dapat mendaftarkan puluhan hingga ratusan kombinasi kata kunci hanya dengan sekaligus. Selama anggaran iklan harian belum habis, iklan Anda akan berpotensi tampil di halaman pencarian dengan berbagai kata kunci yang sudah didaftarkan tersebut. Jadi untuk faktor ini, Google Ads memang lebih fleksibel.

4. Masa Pengerjaan Hingga Hasil

Untuk proses pengerjaan tentunya Google Ads jauh lebih cepat dan praktis begitu iklan Anda selesai dibuat, dalam waktu maksimal 24 jam biasanya iklan Anda akan sudah mulai ditayangkan.

Sedangkan SEO sendiri membutuhkan proses pengerjaannya yang dapat memakan waktu selama 3 bulan. Tergantung dari tingkat kompetisi kata kuncinya.

5. Biaya dan Masa Tayang Iklan

Google Ads menggunakan sistem lelang Pay-Per-Click. Jadi biayanya tergantung pada jumlah dan harga per kliknya. Namun iklan AdWords dapat dibatasi dengan anggaran harian, agar biaya yang dibayarkan tidak melebihi budget Anda.

Biaya SEO tergantung dari tingkat persaingan dari kata kuncinya. Semakin kompetitif kata kunci yang ditarget, maka akan semakin tinggi tingkat kesulitannya, dan otomatis makin tinggi pula biayanya. Hindarilah untuk memilih kata kunci yang terlalu umum, karena biasanya tingkat persaingannya jauh lebih tinggi.

Dengan Jasa Adwords bila budget iklan Anda telah habis maka iklan akan berhenti ditayangkan. Sedangkan dengan SEO maka website Anda akan tetap tampil di hasil pencarian Google hanya saja dengan catatan SEO tetap dijaga dan tidak ada perubahan algoritma Google yang signifikan.

Semoga perbandingan diatas dapat membantu Anda dalam memutuskan mana yang terbaik untuk promosi website Anda. Tim profesional kami juga akan siap membantu Anda untuk meningkatkan bisnis Anda melalui promosi yang tepat via online.

0