Mengenal Penyakit Jantung

2 min read

jantung manusia

Pengertian sebenarnya dari penyakit jantung tersebut adalah suatu keadaan dimana jantung kita tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, sehingga kerja jantung sebagai pemompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Terganggunya peredaran darah dan oksigen tersebut dapat disebabkan karena otot jantung yang melemah, adanya celah antara serambi kiri jantung dengan serambi kanan jantung yang mengakibatkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Pada penyakit jantung, yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah penyakit jantung koroner, yaitu penyakit pada jantung yang mengakibatkan jantung tidak bisa bekerja dengan baik akibat adanya penyempitan arteri koronaria atau penyempitan pembuluh darah jantung.

Penyempitan pembuluh darah jantung tersebut dapat disebabkan berbagai macam seperti timbunan lemak yang masuk ke dalam peredaran darah, sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh darah jantung, bahkan lemak tersebut dapat pula menyumbat pembuluh darah jantung yang akhirnya mengakibatkan serangan jantung.

selain timbunan lemak atau kolesterol, penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah jantung juga bisa diakibatkan karena adanya pengapuran yang terjadi di dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah dan oksigen menjadi tidak lancar. aritikel terkait foredi makassar

Sementara itu, penyakit jantung sangat berbeda pengertiannya dengan serangan jantung. Serangan jantung sendiri berarti suatu keadaan yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi atau yang biasa dikenal dengan gagal jantung. Biasanya, serangan jantung terjadi secara mendadak, tanpa gejala, tanpa bisa diduga.

jantung manusia

Cara Kerja Jantung

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai penyakit jantung, ada baiknya kita mengentahui bagaimana cara kerja jantung agar kita dapat memahami bahwa jantunglah yang menjadi organ utama yang menunjang kehidupan manusia.

Ketika jantung tidak berfungsi atau berhenti berfungsi maka berakhirlah kehidupan manusia tersebut

Di dalam sistem sirkulasi jantung, ada tiga bagian yang memegang peranan penting yaitu:

  1. Jantung sebagai pemompa darah, sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh
  2. Pembuluh darah yang fungsinya sebagai saluran yang mendistribusikan darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh serta mengembalikan darah tersebut kembali ke jantung.
  3. Darah sebagai media yang membawa oksigen dan sari-sari makanan yang kita makan setiap harinya.

Jantung sebagai pemompa darah akan berdenyut untuk mengalirkan darah dari dan ke jantung. Setiap denyut yang terjadi akan membuat ruang pada jantung mengendur dan terisi darah. Setelah ruang jantung terisi penuh dengan darah maka selanjutnya jantung akan berkontraksi dan memompa seluruh darah keluar dari ruang jantung. Sementara itu kedua serambi jantung mengendur dan berkontraksi secara bersamaan dan kedua bilik jantung juga mengalami kontraksi dan mengendur secara bersamaan pula. baca juga minyak kutus kutus makassar

Darah kotor atau darah yang sudah tidak memiliki kandungan oksigen dan nutrisi atau sari-sari makanan akan banyak mengandung karbondioksida. Darah kotor dari seluruh bagian tubuh akan mengalir melalui dua buah vena besar yang disebut dengan vena kava menuju ke atrium kanan. Setelah atrium kanan penuh berisi darah, maka secara otomatis atrium kanan akan mendorong darah menuju ke ventrikel kanan malalui katup trikuspidalis.

Setelah masuk ke ventrikel kanan, darah dari ventrikel kanan ini akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonaris menuju ke paru-paru. Darah mengalir melalui pembuluh darah kapiler atau pembuluh darah yang sangat kecil yang berada  di sekeliling kantong udara pada paru-paru. Dari pembuluh kapiler tersebut, darah melepaskan karbondioksida, menyerap oksigen lalu kembali mengalir ke jantung.

Darah baru yang sudah mengandung oksigen tersebut mengalir ke vena pulmonalis menuju ke atrium jantung bagian kiri. Dari agrium kiri, darah dialirkan (didorong) menuju ke ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral. Katup aorta masuk ke dalam aorta, yaitu arteri yang paling besar yang ada di dalam tubuh. Darah bersih ini setelah masuk ke aorta akan dialirkan ke seluruh tubuh, kecuali ke paru-paru.

Demikian informasi kesehatan singkat ini yang membahas mengenai “mengenal penyakit jantung“, artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai Penyebab Timbul Penyakit Jantung, semoga apa yang kami paparkan di artikel hari ini dan selanjutnya dapat memberikan masukan cara hidup lebih sehat.

0