Menggapai Ikhlas Dengan Cara Salaf

1 min read

hadist tentang ikhlas

Perkara amalan kita diterima atau tidaknya oleh ALLAH Subhana Huwataala tidak ada yang tahu, karena itu adalah hak khusus ALLAH Subhana Huwataala, kita hanya di perintahkan untuk beramal dengan contoh yang di berikan oleh Rasulallah saja, tapi ada clue yang terang benderang yaitu syarat paling sulit dan banyak orang mengabaikannya adalah masalah keikhlasan.

Sebenarnya hadist tentang ikhlas sudah banyak yang membahas dan beberapa kitab hadistpun di mulai dengan bahasan tentang hadist ikhlas ini, tapi kebanyakan dari kita abai dengan perkara besar ini, sehingga banyak sekali kita saksikan ibadah akan semangat jika dilihat orang, dan akan senang jika amal yang kita lakukan mendapatkan pujian.

Hal-hal semacam ini sebenarnya terlarang karena termasuk riya yang merupakan syirik kecil, dan sebagian dari kita menganggap ini hal yang biasa, dan bukan menjadi perhatian utama, padahal ini adalah indikator diterima atau tidaknya amalan yang kita lakukan.

Pandangan Ulama Salaf Tentang Ikhlas

hadist tentang ikhlas

Ulama salaf memandang ikhlas sebagai sesuatu yang sangat penting untuk di usahakan, dan mereka tidak memandang ini sebagai suatu hal yang biasa dan mudah, mereka juga menganggap ini adalah perkara yang sulit untuk di realisasikan.

Salah satu Imam Mahzab yaitu Imam Ahmad Rahimahullah, yang beliau adalah seorang alim, hafal begitu banyak hadist nabi, hafal Al Quran dan juga seorang ahli fiqih, masih menganggap ikhlas adalah perkara berat dan juga sulit, sehingga beliau tidak menganggap apa yang selama ini di kerjakannya seperti menulis kitab, menghafal hadist sudah beliau lakukan dengan ikhlas.

Tapi walau bagaimanapun seperti dalam pepatah, sesuatu yang sulit itu bukan berarti tidak bisa di lakukan, dan juga seperti dalam al quran yang mahfumnya ALLAH tidak akan membebani seorang hamba di luar kemampuannya, maka perihal ikhlas ini bisa kita usahakan dengan mengikuti petunjuk dari para ulama salaf,berikut beberapa cara yang di lakukan oleh ulama salaf dalam menggapai keikhlasan.

Cara Ulama Salaf Meraih Keikhlasan

Hal yang utama dilakukan oleh para ulama salaf dalam setiap permasalahan adalah dengan berdoa kepada ALLAH, begitu juga dalam masalah meraih keikhlasan, maka berdoa kepada ALLAH agar senantiasa di berikan hati yang ikhlas adalah langkah pertama yang harus di lakukan.

Menyembunyikan Amal, beberapa ulama salaf sangat konsen dalam measalah ini, bahkan ada ulama salaf yang mengatakan sembunyikanlah amalan kita sebagaimana kita menyembunyikan aib dan dosa kita. Mengapa demikian?, karena kebanyakan amalan kita akan di jangkiti oleh penyakit riya, dan ini sangat berbahaya karena kita beramal ingin di puji oleh manusia.

Dengan kita menyembunyikan amalan ini maka tidakakan ada yang bisa kita harapkan pujian manusia, yang kita harapkan adalah ALLAH saja, maka langkah kedua ini adalah menyembunyikan amalan.

Kedua cara di atas jika kita melakukannya dengan sungguh sungguh maka insya ALLAH ikhlas dalam beramal akan kita dapatkan, yang kita butuhkan adalah kegigihan dalam mengusahakannya dan kejujuran kita kepada ALLAH akan niat tersebut.

Artikel ini di sadur dari blog islami seorang penuntut ilmu dengan alamat blog penaungu.com

0